Blog

30 Alasan Untuk Membaca Buku

Bahkan jika kamu telah membaca satu buku bagus dalam hidupmu, Kamu akan tahu manfaatnya sebuah buku. Ini memberi kamu kesenangan yang tak tertandingi. Sementara fakta mengatakan bahwa membaca adalah kegiatan yang tak ternilai, kebiasaan membaca telah menurun akhir-akhir ini. Salah satu penyebab utama penurunan ini adalah pertumbuhan teknologi. Namun, apa yang kebanyakan orang tidak tahu adalah ada begitu banyak manfaat dari membaca. Berikut 30 alasan untuk kamu membaca buku:

1. Menambah pengetahuan

Salah satu alasan terbesar mengapa kita membaca buku adalah untuk mendapatkan pengetahuan. Buku adalah sumber informasi yang kaya. Membaca buku tentang berbagai subjek memberikan informasi dan meningkatkan kedalaman tentang subjek tersebut. Setiap kali Kamu membaca buku, kamu mempelajari informasi baru yang bila tidak tahu tidak akan tahu seumur-umur.

2. Meningkatkan Daya Otakmu

Penelitian telah membuktikan bahwa membaca memiliki efek positif yang kuat pada otak. Dengan tetap terstimulasi secara mental, Kamu dapat mencegah penyakit demensia dan Alzheimer. Ini karena, menjaga otak kamu tetap aktif, mencegahnya kehilangan kekuatan. Otak adalah otot dan seperti otot lain dalam tubuh, olahraga membuatnya kuat dan sehat. Mirip dengan memecahkan teka-teki, membaca buku adalah cara yang bagus untuk melatih otak Kamu tetap sehat.

3. Menghilangkan Stres

Membaca buku memiliki efek positif pada tubuh juga. Membaca buku dapat menghilangkan stres, lebih baik daripada berjalan-jalan atau mendengarkan musik. Menurut penelitian, yang membaca lebih cenderung memiliki tingkat stres yang lebih rendah.

4. Meningkatkan Daya Ingat

Setiap kali Kamu membaca buku, Kamu harus mengingat pengaturan buku, karakter, latar belakang mereka, sejarah mereka, kepribadian mereka, sub-plot dan banyak lagi. Ketika otak Kamu belajar mengingat semua ini, ingatanmu menjadi lebih baik. Terlebih lagi, dengan setiap memori baru yang Kamu buat, Kamu membuat jalur baru di ingatanmu dan ini memperkuat yang sudah ada.

5. Meningkatkan Imajinasi

Semakin banyak Kamu membaca buku, semakin menjadi imajinatif. Setiap kali Kamu membaca buku fiksi, itu membawamu ke dunia lain. Di dunia baru, imajinasi kamu bekerja paling baik saat kamu mencoba melihat sesuatu dalam pikiran kamu sendiri.

6. Mengembangkan Keahlian

Salah satu manfaat utama dari membaca buku adalah kemampuannya untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Misalnya, membaca novel misteri mempertajam pikiran kamu. Keterampilan berpikir kritis sangat penting dalam membuat keputusan penting sehari-hari. Membaca membutuhkan seseorang untuk berpikir dan memproses informasi yang bila menonton televisi itu tidak bisa. Semakin banyak kamu membaca, semakin dalam pemahamanmu tentang apa yang kamu baca dan implementasiannya.

7. Menambah Kemampuan Kosa Kata

Membaca meningkatkan kosa kata dan perintahmu pada bahasa. Ketika Kamu membaca, Kamu menemukan kata-kata baru, idiom, frasa dan gaya penulisan.

8. Meningkatkan Kemampuan Menulis

Membaca buku yang ditulis dengan baik mempengaruhi kemampuan Anda untuk menjadi penulis yang lebih baik. Sama seperti seniman yang memengaruhi orang lain, begitu juga penulis. Banyak penulis sukses memperoleh keahlian mereka dengan membaca karya-karya orang lain. Jadi, jika Kamu ingin menjadi penulis yang lebih baik, mulailah dengan belajar dari ahli-ahli sebelumnya.

9. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Meningkatkan keterampilan kosa kata dan menulismu berjalan seiring dengan mengembangkan keterampilan komunikasimu. Semakin banyak Kamu membaca dan menulis, semakin baik kamu dalam berkomunikasi. Meningkatkan kemampuan untuk berkomunikasi, meningkatkan hubungan, dan bahkan menjadikanmu karyawan atau siswa yang lebih baik.

10. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Dalam gaya hidup kita yang sibuk, perhatian kita diarahkan ke arah yang berbeda setiap hari saat kita mencoba melakukan banyak tugas setiap hari. Misalnya, kamu dapat membagi waktu antara mengerjakan tugas, mengobrol dengan orang-orang melalui Skype, memeriksa email, mengawasi Facebook, dan berinteraksi dengan kolegamu. Semua multi-tasking ini dapat menyebabkan tingkat stres yang tinggi dan produktivitas yang rendah. Saat kamu membaca buku, semua perhatianmu terfokus pada apa yang kamu baca. Mata dan pikiranmu terbenam dalam detail cerita. Ini meningkatkan konsentrasi dan fokus kamu. Baca buku setidaknya 20 menit sehari, dan kamu akan kagum pada seberapa jauh kamu akan lebih fokus.

11. Hobby yang Menyenangkan

Membaca buku membuat kita sibuk. Ini juga mengarah pada penggunaan waktu yang bermanfaat. Itu tidak hanya membantu kita menghilangkan kekhawatiran, tetapi juga mengalihkan pikiran kita dari kemonotonan. Buku adalah sumber rekreasi yang luar biasa. Seseorang yang suka membaca tidak akan pernah bosan, karena ini adalah cara sempurna untuk menghilangkan kebosanan. Saat buku membawa kamu ke dunia lain yang berbeda, kamu akan santai dan meremajakan diri.

12. Hiburan Yang Murah Meriah

Dibandingkan dengan bentuk hiburan lainnya, buku cukup murah. Kamu tidak akan pernah mendapatkan tiket film untuk seharga buku. Tetapi, dengan uang ini, kamu dapat membeli sendiri buku dan dihibur selama berjam-jam.

13. Memotivasi Kamu

Hidup ini penuh dengan tantangan. Ketika kita bergerak melalui fase yang berbeda di tempat yang berbeda, sedikit motivasi dapat sangat membantu. Membaca buku-buku inspirasional tentang pengalaman hidup dapat mengubah hidup kita. Membaca buku yang bagus, otobiografi seperti itu membuat kamu tetap bersemangat dan juga belajar tip-tip untuk membantumu mencapai tujuan pribadi. Pada dasarnya, kamu terinspirasi untuk menjadi suami, istri, anak perempuan, putra, ibu, ayah, atau bahkan karyawan yang lebih baik.

14. Meningkatkan Kesehatan

Ada ribuan, jika bukan jutaan, buku yang bagus. Banyak dari buku-buku ini benar-benar dapat membantu meningkatkan kesehatanmu. Membaca buku semacam itu mengurangi tingkat depresi. Orang dengan depresi berat dapat mengambil manfaat dari membaca buku-buku pengembangan diri. Terlepas dari ini, buku-buku tersebut menawarkan tips penting tentang berolahraga, diet, dan tips gaya hidup sehat lainnya. Semua ini mengarah pada peningkatan kesehatan mental dan fisik.

15. Buat Kamu lebih Berempati

Menurut penelitian, kehilangan dirimu dalam buku, terutama fiksi, dapat meningkatkan empatmu. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Belanda, para peneliti menunjukkan bahwa orang-orang yang “terlibat secara emosional” oleh sebuah karya fiksi mengalami peningkatan empati. Dengan membaca buku, kamu menjadi bagian dari cerita dan merasakan kepedihan dan emosi karakter lainnya. Ini pada gilirannya memungkinkan pikiranmu untuk menjadi lebih sadar tentang bagaimana hal-hal yang berbeda mempengaruhi orang lain. Akhirnya, ini meningkatkan kemampuanmu untuk berempati dengan orang lain. Jadi, silakan dan baca cerita itu, dunia dengan lebih banyak orang yang berempati pasti akan menjadi tempat yang lebih baik!

16. Meningkatkan Ketrampilan

Membaca adalah pembangun keterampilan yang mendasar. Untuk setiap kursus yang baik di bumi, ada buku yang cocok untuk digunakan. Buku memberikan informasi penting tentang berbagai subjek dan topik. Hal terbaik tentang membaca adalah kamu bisa lebih dalam dari apa yang dipelajari dalam diskusi kelas. Baik itu memasak, menari, atau bahkan membersihkan, Anda selalu dapat meningkatkan keterampilanmu dengan membaca buku.

17. Meningkatkan Percaya Diri

Dengan membaca banyak buku, kamu berkomunikasi lebih baik dan menjadi lebih tahu tentang berbagai bidang kehidupan. Semua ini berarti harga diri yang lebih tinggi. Karena kamu memiliki kepercayaan diri dan kemampuanmu untuk memberikan, kamu menjadi lebih produktif dan secara keseluruhan menjadi orang yang jauh lebih baik.

18. Hiburan Portabel

Buku portabel dan ringan. Mereka tidak seperti komputer besar dan game yang memakan terlalu banyak ruang. Dengan sebuah buku, kamu dapat mengemasnya di tasmu dan membawanya dengan mudah ke mana-mana. Kamu dapat membaca di mana saja, di pesawat saat bepergian, di tempat tidur sebelum kamu tidur, di bawah naungan saat bersantai, atau bahkan selama liburan.

19. Membantu Kamu tidur lebih baik

Tidur yang buruk menyebabkan produktivitas yang rendah. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak ahli menyarankan agar kamu membangun rutinitas pengurang stres reguler sebelum tidur untuk membantu menenangkan pikiran dan karenanya tidur lebih baik. Membaca buku adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan diri sebelum tidur. Alih-alih menonton televisi atau menghabiskan terlalu banyak waktu di ponselmu saat di tempat tidur, luangkan waktu untuk membaca. Lampu terang dari perangkat elektronik hanya akan memengaruhi tidurmu. Di sisi lain, sebuah buku akan membantumu tidur lebih nyenyak.

20. Belajar Tentang Dunia Lain

Dunia fiksi memungkinkan kamu melakukan perjalanan ke dunia lain, di mana semuanya berbeda. Dengan membaca buku, kamu bisa melihat sekilas budaya dan tempat lain. Buku memperluas wawasanmu, memungkinkan kamu melihat negara lain, orang lain, dan banyak hal lain yang belum pernah dilihat atau bayangkan. Ini adalah cara sempurna untuk mengunjungi negara asing di pikiranmu.

21. Bersosialisasi

Kita selalu dapat berbagi apa pun yang kita baca dengan keluarga, teman, dan kolega kita. Semua ini meningkatkan kemampuan kita untuk bersosialisasi. Manusia adalah makhluk sosial dan di dunia ponsel, kita kehilangan kemampuan bersosialisasi. Namun, membaca telah mengarah pada pembentukan klub buku dan forum lain di mana kita mendapat kesempatan untuk berbagi dan berinteraksi dengan orang lain.

22. Meningkatkan Kreatifitas

Perbedaan terbesar antara membaca dan menonton televisi adalah membaca memberimu ruang untuk melepaskan kreativitasmu. Semakin banyak kamu membaca, semakin banyak mempelajari hal-hal baru. Pikiran baru selalu meregangkan pikiran kita untuk menemukan kembali kehidupan dengan cara baru dan lebih baik. Kita mulai melihat dunia dengan cara yang berbeda dan dengan cara ini kita menemukan solusi kreatif baru.

23. Belajar sesuai dengan kecepatanmu sendiri

Manfaat lain dari membaca buku adalah kamu belajar sesuai dengan kecepatanmu sendiri. Karena kamu memiliki buku sepanjang waktu, kamu selalu dapat kembali ke bagian yang dirasa tidak dimengerti. Kamu dapat membaca ulang bab sebanyak yang diinginkan, tanpa khawatir akan kehilangan bagian. Jika ini adalah buku pengembangan diri, kamu dapat mengatasi satu masalah sekaligus. Setelah kamu menangani satu masalah, maka kamu dapat pindah ke masalah berikutnya kapan pun dirasa siap. Semuanya dilakukan dengan kecepatanmu sendiri dan yang paling penting, pikiranmu bebas untuk menafsirkan hal-hal seperti yang dirasakan.

24. Banyak Pilihan

Ada begitu banyak buku bagus untuk dibaca sehingga kamu tidak akan pernah menyelesaikannya seumur hidup. Buku telah ditulis selama berabad-abad, saat ini, seseorang sedang menulis buku, dan di masa depan, buku masih akan ditulis. Apakah kamu mencari sesuatu untuk menginspirasimu, sesuatu untuk membuatmu tertawa, romansa atau bahkan mendapatkan keterampilan baru, ada banyak buku untuk itu. Yang kamu butuhkan adalah meluangkan waktu dan memilih yang mana untuk dibaca. Tidak akan pernah ada kekurangan buku-buku bagus.

25. Meningkatkan Moral Kamu

Buku membantu kita membedakan ide-ide baik dari ide-ide buruk. Membaca buku memungkinkan kita belajar tentang berbagai pendekatan kehidupan dan masalah yang kita hadapi. Dengan melakukan ini, kamu mendapat kesempatan untuk membedakan apa yang berhasil di masa lalu dan apa yang tidak berhasil. Pada dasarnya, kamu belajar membuat keputusan yang lebih baik dalam hidup.

26. Belajar Tentang Sejarahmu

Sejarah memainkan peran penting dalam siapa kita hari ini. Dengan membaca buku, kita mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang masa lalu dan bagaimana hal itu terus memengaruhi kita. Dengan buku, kamu mendapat kesempatan untuk belajar tentang negara, keluarga, dan duniamu secara umum. Ini cara yang bagus untuk meninjau kembali masa lalumu dan menghargai masa kini.

27. Hemat Uang

Selain tidak mahal, kamu juga akan menghemat banyak uang dengan membaca buku. Buku tidak membutuhkan listrik, mereka juga tidak memerlukan perawatan apa pun. Ketika kamu membaca buku tentang keterampilan tertentu, seperti memasak, kerajinan, atau tugas DIY sederhana, kamu menghemat uang yang akan digunakan untuk menyewa kontraktor. Kamu tidak hanya mempelajari keterampilan baru, tetapi juga menghemat banyak biaya.

28. Tidak ada efek samping dari dunia digital

Menghabiskan terlalu banyak waktu menonton televisi atau bermain video game dapat memengaruhi kesehatan matamu dalam jangka panjang. Di sisi lain, buku-buku itu aman dan mudah. Tidak ada yang pernah menjadi buta karena membaca terlalu banyak buku. Tidak ada efek samping yang diketahui atau bahaya membaca buku-buku hebat. Semua ada manfaatnya.

29. Membuat Kamu Lebih Pintar

Dengan begitu banyak belajar dari buku, orang-orang yang membaca secara teratur cenderung lebih pintar daripada mereka yang tidak. Mereka cenderung memiliki pikiran terbuka dan lebih sadar akan lingkungan mereka.

30. Buku Lebih Baik dari Film

Begitu banyak film telah diadaptasi dari buku. Tetapi, jika kamu membaca buku dan menonton filmnya, kamu akan setuju bahwa buku itu 100 kali lebih baik daripada filmnya. Selalu ada bagian yang unik, seperti apa yang dipikirkan karakter, bahwa film tidak pernah bisa ditangkap.

Source: https://seriousreading.com/blog/283-30-reasons-to-read-books.html

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>